Kamis, 22 November 2012

Suasana Buka Puasa Bulan Ramadhan 1433 H / 2012 M


Dalam rangka untuk meningkatkan syiar Islam pada Bulan Ramadhan yang penuh berkah, sudah menjadi tradisi bertahun-tahun di Masjid Saksi Tanjungbalai diadakan buka puasa bersama setiap hari sepanjang Bulan Ramadhan. Buka puasa bersama ini dikhususkan untuk jamaah yang sholat Maghrib di Masjid Saksi juga untuk musafir yang tidak sempat pulang untuk berbuka bersama keluarga.

Pada awalnya kegiatan ini berlangsung spontan tanpa adanya pengaturan khusus dari pihak BKM. Namun sejak beberapa tahun terkahir, melihat begitu besarnya antusias jamaah yang berbuka di Masjid Saksi, maka pihak Badan Kemakmuran Masjid Saksi mencoba untuk me-manage kegiatan tersebut agar berjalan dengan tertib dan lancar.


Mulai disusunlah jadwal orang yang bersedekah untuk hidangan berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Pada awalnya, satu hari satu orang. Lalu pada tahun berikutnya satu hari dua orang. Dan akhirnya sekarang, melihat begitu ramainya orang yang berbuka di Masjid Saksi, maka disusunlah jadwal orang yang bersedekah untuk hidangan berbuka puasa tersebut sebanyak tiga orang per hari dengan tetap  membuka peluang yang selebar-lebarnya bagi jamaah yang lain walaupun bukan jadwalnya namun tetap boleh untuk bersedekah hidangan berbuka puasa di Masjid Saksi. Karena Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa maka ia akan mendapat pahala sebagaimana orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala puasa orang tersebut."

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah keakraban dan mempererat ukhuwah antar jamaah yang memiliki kesibukan masing-masing hingga kadang tidak sempat bersilaturahmi antara satu dengan yang lain. Namun pada saat berbuka puasa mereka semua bersatu, berkumpul dan bercengkerama satu dengan yang lain dan akhirnya bersama-sama menunaikan sholat maghrib berjamaah dan bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan yang penuh Rahmat dan Maghfirah ini. Amin Ya Robbal 'Alamin....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar